Top Label

Seberapa Bahayakah Batu Ginjal Bagi Tubuh?

 


Batu ginjal adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam asam yang mengendap dalam urin yang terkonsentrasi.

Gejala yang paling umum adalah rasa sakit yang parah, sebagian besar batu keluar dengan sendirinya, tetapi prosedur medis digunakan untuk menghilangkan batu ginjal tersebut

Batu ginjal terbentuk saat urine lebih banyak mengandung zat pembentuk kristal dibanding cairan dalam urine.

Pembentukan batu ginjal juga dapat terjadi saat tubuh kekurangan zat yang dapat mencegah batu saling menempel, kondisi ini menjadi lingkungan yang kondusif untuk pembentukan batu ginjal.

 

Batu ginjal bisa sekecil sebutir pasir, dan bisa hilang tanpa pernah menyadarinya. Tapi batu ginjal yang lebih besar bisa menghalangi aliran urin Anda dan sangat menyakitkan.

Beberapa orang mengatakan rasa sakitnya bisa lebih buruk daripada melahirkan.

 

Berbagai hal dapat menyebabkan batu ginjal, termasuk apa yang Anda makan dan obat-obatan tertentu.

Jika Anda atau seseorang dalam keluarga Anda pernah menderita batu ginjal, kemungkinan besar Anda bisa juga terkena batu ginjal.

 

Penting untuk mengetahui jenis batu ginjal yang Anda miliki, sehingga Anda dapat mengetahui apa yang mungkin menyebabkannya dan bagaimana mencegahnya.

-Batu kalsium

Kebanyakan batu ginjal terbuat dari kalsium, dalam bentuk kalsium oksalat. Ada dua jenis batu kalsium yaitu:

1.Kalsium oksalat.

Oksalat adalah zat yang terbuat setiap hari oleh hati Anda. Beberapa buah-buahan dan sayuran, serta kacang-kacangan dan cokelat, kaya akan kandungannya.

Tubuh Anda menyerap zat tersebut saat Anda makan makanan ini. Hal lain yang dapat membuat konsentrasi kalsium atau oksalat dalam urin Anda meningkat adalah mengonsumsi vitamin D dosis tinggi, operasi bypass usus, dan gangguan metabolisme tertentu.

2. Kalsium fosfat.

Jenis batu ini lebih sering terjadi pada orang dengan kondisi metabolisme, seperti asidosis tubulus ginjal (di mana ginjal Anda tidak dapat membantu menjaga keseimbangan asam yang tepat dalam darah Anda)

atau orang yang meminum obat untuk mengobati migrain atau kejang.

 

-Batu struvit.

Dapat terbentuk dari infeksi saluran kemih (ISK). Bakteri yang menyebabkan infeksi membuat amonia menumpuk di urin Anda. Ini mengarah pada pembentukan batu. Batu bisa menjadi besar dengan sangat cepat.

 

-Batu asam urat.

Terbentuk pada orang yang kehilangan terlalu banyak cairan karena diare kronis atau malabsorpsi; makan makanan berprotein tinggi; atau menderita diabetes atau sindrom metabolik.

Faktor genetik tertentu juga dapat meningkatkan risiko batu asam urat.

 

-Batu sistin.

Jenis batu langka ini terbentuk karena ginjal mengeluarkan terlalu banyak asam amino spesifik yang disebut sistin ke dalam urin. Mereka terjadi pada orang dengan kelainan genetik yang disebut cystinuria.

 

Faktor-Faktor yang Meningkatkan Risiko Batu Ginjal

  1. Kekurangan air

buang air yang cukup untuk mencairkan hal-hal yang bisa berubah menjadi batu. Jika Anda tidak cukup minum atau berkeringat terlalu banyak, urin Anda mungkin terlihat gelap.

Urin yang baik Itu harus berwarna kuning pucat atau bening. Usahakan untuk minum sekitar 10 gelas air setiap hari, karena Anda kehilangan beberapa cairan melalui keringat dan pernapasan.

 

  1. Diet

Apa yang Anda makan dapat memainkan peran besar dalam apakah Anda mendapatkan salah satu dari batu-batu tersebut

Jenis batu ginjal yang paling umum terjadi ketika kalsium dan oksalat saling menempel saat ginjal Anda membuat urin. Oksalat adalah bahan kimia yang ada di banyak makanan dan sayuran sehat.

 

  1. Sodium.

Dapat meningkatkan peluang Anda terkena beberapa jenis batu ginjal. Jadi hati-hati dengan camilan asin, makanan kaleng, daging kemasan, dan makanan olahan lainnya.

 

  1. Protein hewani.

Salah satu jenis batu ginjal terbentuk ketika kencing Anda terlalu asam. Daging merah dan kerang bisa membuat asam urat dalam tubuh Anda naik. Ini dapat terkumpul di persendian dan menyebabkan asam urat atau masuk ke ginjal Anda dan membuat batu

  1. Stress

Banyak alasan orang utk menyalahkan makanan sebagai penyebab penyakit, padahal tubuh yang stress juga menyumbang dampak yg tidak sedikit. Tubuh yang asam, pembuluh darah kontraksi, adrenalin meningkat membuat metabolisme asam urat meningkat.

Jadi keseimbangan asupan makan minum dan mengelola stress sangat menentukan kesehatan secara umum, juga terkait batu ginjal.

  1. Geografi

Orang yang tinggal di tempat berkapur, sejak kecil minum dengan kadar air yg mengandung kapur akan memiliki kemungkinan terbentuknya bantu ginjal cukup tinggi.

 

Bagaimana Saya Dapat Mencegah Batu Ginjal?

Batu ginjal bukanlah hal yang menyenangkan. Tetapi Dengan makanan yang tepat, banyak air, dan obat-obatan yang tepat, Anda dapat menurunkan peluang Anda untuk mendapatkannya.

 

Chloropyl Plus mengandung

Chlorophyllin - bersumber dari daun alfalfa dan mulberrry untuk kesehatan sel.

Alfalfa - bapak segala tanaman yang mengandung lebih dari 60 jenis nutrisi.

Barley - sumber vitamin, mineral,antioksidan dan mendukung kadar kolesterol yang sehat.

Peppermint - penyegar nafas dan mengurangi gangguan pencernaan

dapat berfungsi mengatasi peradangan dan menjadi lapisan pelindung daerah yang mengalami radang antiseptik alami

 

Noni Plus berfungsi mengurangi nyeri dan peradangan. Noni Plus akan membantu menyegarkan tubuh dan membantu meningkatkan energi, imunitas, serta penyerapan nutrisi dan mengurangi radikal bebas berbahaya

 

Minum banyak air. Tetap terhidrasi, terutama saat Anda berolahraga.

Periksa label makanan. Baca bahan-bahannya dan Hindari atau kurangi makanan dengan jumlah bahan yang tinggi seperti natrium klorida, monosodium glutamat (MSG), dan natrium nitrat.

Pilih makanan dengan bijak.

 

Mari bersama sama kita cegah sebelum terlambat!

 

SUMBER

 *****

 

#artikel#chlorophyll#noniplus
Nita Ariyantie - Klinik Virtual Blimbing 21 Agustus 2021 Last Updated 2021-08-21T14:17:53Z
Komentar

Tampilkan

Daftar Label Content