Top Label

Segar dan Sehat Dengan 24 Manfaat Peppermint Oil



Peppermint Oil menjadi salah satu minyak esensial yang paling banyak digemari. Tidak hanya sebagai pencegah bau tidak sedap dan penyegar mulut, daun peppermint memiliki banyak manfaat dan bersifat antimikroba. Sehingga dapat dikatakan bahwa peppermint oil merupakan minyak esensial yang paling multiguna karena menyimpan segudang manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat yang dimilikinya?
  1. Merawat sinus
Peppermint memiliki peran sebagai ekspektoran sehingga mampu meredakan batuk, pilek, sinusitis, bronkitis, dan asma. Sehingga dengan menghirup peppermint oil yang didifusikan dapat membantu melegakan sinus dan membantu meredakan tenggorokan yang gatal.

  1. Mengurangi nafsu makan
Dengan menghirup aroma dari minyak essensial peppermint, ternyata hal ini dapat mencegah keinginan untuk mengemil dan membuat kita merasa kenyang lebih cepat. Selain dihirup menggunakan diffuser, bisa juga dilakukan dengan cara mengoleskan beberapa tetes peppermint oil di bagian dada atau pelipis, bisa juga dihirup langsung melalui botol.

  1. Meredakan nyeri otot
Minyak essensial peppermint oil juga ternyata efektif dalam menghilangkan rasa sakit dan sebagai relaksan otot. Peppermint oil dapat membantu dalam meringankan berbagai kasus seperti sakit otot, sakit punggung, atau sakit kepala yang diakibatkan oleh ketegangan.

Bahkan terdapat sebuah studi yang menunjukkan bahwa peppermint oil yang dioleskan dapat meredakan nyeri yang disebabkan fibromyalgia dan myofascial pain syndrome dengan resep berupa campuran peppermint oil, capsaicin, dan eucalyptus yang mungkin dapat membantu.

  1. Meningkatkan vitalitas
Peppermint oil juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menambah energi. Caranya adalah dengan mengambil beberapa hirupan peppermint oil. Aroma dari peppermint oil yang dihirup dapat meningkatkan vitalitas untuk melakukan aktivitas harian. Peppermint oil ini juga efektif dalam meningkatkan fokus dan konsenterasi bagi yang menderita sindrom kelelahan kronis.

  1. Terapi sendi
Mengoleskan peppermint oil murni ketika sendi pada tubuh mulai terasa pegal, dapat membantu mendinginkan otot-otot layaknya es, namun tetap menjaga tubuh kita tetap hangat dan kering.

  1. Meringankan alergi
Menghirup peppermint oil juga efektif dalam merelaksasi otot-otot bagian hidung yang dapat membantu membersihkan serbuk sari serta kotoran yang ada dalam hidung sehingga dapat membantu dalam meringankan alergi yang muncul akibat dari sesuatu yang kita hirup.

  1. Membantu penderita ADHD
Gunakan peppermint oil dengan memercikannya pada pakaian anak sebelum waktu belajar atau bisa juga dilakukan dengan cara meneteskan satu tetes peppermint oil di bawah hidung atau lidah yang dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan konsenterasi.

  1. Dijadikan campuran shampoo
Peppermint oil juga dapat dijadikan campuran dalam shampo dan kondisioner yang berguna untuk merangsang kulit kepala serta memberikan energi dan menenangkan pikiran. Peppermint oil juga dapat membantu dalam menghilangkan ketombe dan kutu rambut karena merupakan antiseptik yang kuat. Gunakan dengan cara teteskan 2-3 tetes peppermint oil pada shampoo dan kondisioner.

  1. Mengurangi demam
Dengan mencampurkan peppermint oil dengan minyak kelapa lalu dioleskan pada leher anak atau di bagian bawah kaki, hal ini dapat membantu meringankan demam. Peppermint oil memiliki efek pendinginan yang cocok digunakan untuk menurunkan demam, terutama demam pada anak.

  1. Mengurangi gatal
Ruam atau rasa gatal yang muncul seringkali membuat tidak nyaman bahkan mengganggu aktivitas. Gunakan peppermint oil dengan cara dioleskan pada bagian yang gatal untuk meringankan rasa gatal dan memberikan sensasi dingin.

  1. Merawat jerawat
Salah satu manfaat dari peppermint oil yang telah terbukti oleh penelitian medis adalah dapat digunakan untuk perawatan wajah karena sifat peppermint sebagai antimikroba sehingga sangat baik jika digunakan untuk menyembuhkan jerawat dengan alami. Namun tetap saja, karena keadaan kulit yang berbeda-beda disarankan untuk memakainya secara bertahap dan dites terlebih dahulu pada kulit.

  1. Merawat kulit
Peppermint oil bisa digunakan jika terjadi peradangan pada kulit karena efek menenangkan yang dimilikinya. Peppermint oil ini dapat dicampur pada body lotion atau lip balm untuk sensasi dingin yang lebih kuat. Mengoleskan peppermint oil pada kulit juga dapat membantu meringankan psoriasis dan eksim.

  1. Mengusir serangga
Tidak hanya kutu serangga yang membenci peppermint. Peppermint juga dibenci oleh serangga lainnya seperti kecoa, laba-laba, nyamuk, semut, bahkan tikus karena mereka tidak menyukai aroma dari peppermint.

  1. Menumbuhkan rambut
Jika melihat bahan-bahan dari produk perawatan rambut berkualitas tinggi, seringkali ditemukan peppermint oil di dalamnya. Hal ini karena peppermint dapat menebalkan dan menyuburkan rambut secara alami, juga menghentikan rambut yang rontok.

  1. Menghilangkan sakit kepala
Peppermint oil juga memiliki keajaiban dalam menghilangkan sakit kepala. Peppermint oil memiliki kemampuan dalam meningkatkan sirkulasi darah, mengendurkan otot yang tegang, dan menyembuhkan masalah usus yang menjadi penyebab dari sakit kepala atau migraine sehingga peppermint menjadi salah satu pereda sakit kepala yang sangat baik. Gunakan dengan cara oleskan peppermint oil pada dahi dan pelipis untuk menghilangkan sakit kepala.

Bahkan sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Neurological Clinic University of Kiel, Jerman, memaparkan hasil temuan mereka bahwa kombinasi dari berbagai minyak, yang salah satunya adalah peppermint oil, memiliki efek analgesik yang cukup signifikan yang dapat menurunkan sensitivitas terhadap sakit kepala.

  1. Meringankan gangguan pencernaan dan kembung
Peppermint oil juga dikenal sebagai alternatif alami bagi obat-obatan seperti buscopan dalam mengurangi kejang usus besar. Hal ini dikarenakan peppermint bekerja dengan cara merelaksasi otot-otot usus sehingga dapat mengatasi gas dan kembung.

  1. Meringankan sunburn
Peppermint oil dapat dijadikan sebagai solusi untuk melembabkan kulit yang terbakar matahari dan mengurangi rasa sakit yang diakibatkannya. Gunakan dengan cara mencampurkannya dengan minyak kelapa lalu mengoleskannya pada bagian yang terbakar.

  1. Menyegarkan nafas dan mencegah gigi berlubang
Peppermint telah dipercaya selama lebih dari seribu tahun untuk memberikan kesegaran nafas secara alami. Bahkan ada penelitian yang membuktikan bahwa menggunakan peppermint oil lebih efektif dalam mencegah gigi berlubang dibandingkan dengan obat kumur kimia chlorhexidine. Peppermint oil juga bisa dijadikan campuran untuk membuat pasta gigi dan obat kumur sendiri.

  1. Mengurangi mual
Dengan menggosokkan 1-2 tetes peppermint oil di belakang telinga atau dengan cara didisfusikan, hal ini dapat mengurangi rasa mual. Ada sebuah studi medis yang menemukan bahwa peppermint dapat mengurangi mual yang disebabkan oleh kemoterapi.

  1. Kolik
Terdapat sebuah penelitian medis yang mengemukakan bahwa peppermint oil sama efektifnya dengan obat Simothione yang digunakan sebagai obat dari kolik infantil. Sehingga peppermint oil merupakan bagian penting dari bahan alami untuk kolik.

  1. Bermanfaat untuk pernapasan
Dengan mencampurkan peppermint oil dengan minyak kelapa untuk membuat obat gosok yang dapat mengurangi gejala asma dan bronkitis. Hal ini karena peppermint oil memiliki kemampuan membuka saluran udara karena sifatnya yang sebagai decongestant.

  1. Meredakan gejala PCOS dan menyeimbangkan hormon
Peppermint oil juga berperan sebagai penyeimbang hormon dan membantu dalam mendukung terapi untuksindrom ovarium polikistik atau PCOS. Penggunaan peppermint oil juga berpengaruh terhadap mengurangi nafsu makan sehingga dapat membantu mengurangi tumpukan estrogen, hormon yang ada pada pria.

  1. Meredakan sakit pertumbuhan gigi
Saat gigi akan tumbuh pada bayi, cenderung bayi akan sedikit rewel karena rasa sakit yang dialaminya. Peppermint oil merupakan salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa sakit tersebut. Caranya adalah dengan menyampurkan peppermint oil dengan minyak kelapa menggunakan perbandingan 1:1 lalu digosokkan pada gusi.

  1. Mendukung pengobatan kanker
Terdapat penelitian klinis yang mengemukakan bahwa di dalam peppermint terkandung senyawa menthol yang dapat menghambat pertumbuhan dari kanker prostat. Ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa peppermint mampu melindungi DNA dari kerusakan yang diakibatkan radiasi dan kematian sel.

Lalu peppermint oil seperti apa yang baik untuk digunakan?

Untuk mendapatkan manfaat yang efektif dari peppermint oil, pilihlah yang benar-benar 100% murni tanpa tambahan apapun. Semakin murni minyak esensial yang digunakan, semakin efektif pula khasiat yang didapatkan.

Saat ini di pasaran, telah ditemukan banyak minyak esensial yang telah diubah, ditambahkan, untuk kepentingan keuntungan pasar. Ada yang mengklaim telah “bersertifikat”, “grade tertinggi”, atau “klinis”, namun sebenarnya label seperti ini belum menjamin keotentikan atau kemurnian dari minyak essensial itu sendiri karena hingga saat ini masih belum ada badan resmi yang mensertifikasi atau menilai kandungan dari minyak essensial. Namun Nature’s Sunshine Product, sebagai induk perusahaan dari Synergy WorldWide berani menjamin bahwa Synergy Peppermint Oil merupakan produk otentik yang telah terbukti karena diawasi langsung mulai dari proses penanaman hingga penyulingan peppermint oil.

Dengan minyak essensial yang otentik, kandungannya dapat lebih mudah diserap melalui kulit ataupun dengan dihirup. Tidak hanya itu, kemurnian dari Synergy Peppermint Oil memberikan jaminan bahwa produk ini dapat manfaat sesuai dengan yang ingin diberikan oleh alam. Jika minyak esensial yang digunakan sudah diproses dengan modifikasi unsur kimia, efek yang diberikan akan kurang maksimal dan cenderung kurang aman karena terdapat bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh.

Gunakan Synergy Peppermint Oil yang terjamin keotentikannya yang terbuat dari 100% peppermint murni yang diawasi langsung mulai dari proses penanaman hingga pengemasannya untuk memberikan manfaat terbaik bagi Anda. Dapat digunakan dengan beragam cara mulai dari dioles, dihirup, atau cara lainnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Dikemas dalam botol bening sehingga Anda dapat melihat langsung kemurnian yang ada di dalamnya. Jadilah yang pertama untuk rasakan kesegaran dan manfaatnya bagi tubuh Anda.


*****



Terima kasih apabila berkenan untuk membagikan / Memforward

#peppermint
26 Agustus 2020 Last Updated 2020-08-26T14:23:06Z
Komentar

Tampilkan

Daftar Label Content